Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Lakukan Bersama IPAS Kelas 5 SD Halaman 82

Kunci Jawaban Lakukan Bersama IPAS Kelas 5 SD Halaman 82 — Halo kawan ahliartikel, salam sehat dan sukses selalu. Bagi sobat kelas 5 yang sedang mencari Kunci Jawaban IPAS kelas 5 Kurikulum Merdeka Bab 3 Magnet, Listrik, dan Teknologi untuk Kehidupan, Topik A: Apa dan Untuk Apa Magnet Diciptakan?.

Kali ini kita akan mengulas tentang “Lakukan Bersama” yang terdapat pada buku siswa kelas 5 SD. Dengan adanya pembahasan berikut ini, diharapkan bisa membantu sobat semuanya dengan materi yang telah diajarkan di sekolah.

Diharapkan sobat semuanya mengerjakan soalnya terlebih dahulu sebelum melihat pembahasan yang terdapat dibawah ini, baik dikerjakan secara mandiri maupun dikerjakan secara berkelompok.

Jika sobar semuanya mengalami atau menemukan kesulitan dalam mengerjakan soalnya, jawaban dibawah ini bisa dijadikan referensi untuk membandingkan dengan jawaban yang telah sbat kerjakan sebelumnya.

Selain ini kami juga menyediakan pembahasannya supaya sobat semuanya lebih paham lagi lagi dengan materi yang telah di ajarkan oleh bapak ibu guru.

Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 82

Lakukan Bersama

Mengenal Karakteristik Magnet

Alat dan bahan:

1. dua batang magnet yang didapatkan dari barang bekas/dibeli di toko;
2. kertas berukuran A4 (bisa didapatkan dari buku gambar/tempat fotokopi);
3. segenggam serbuk pasir hitam (atau serbuk besi yang didapatkan di toko bangunan);
4. benang;
5. penggaris;
6. tumpukan buku;
Catatan: peralatan nomor 5 dan 6 boleh diganti dengan peralatan lain yang mendukung.

Langkah percobaan:

1. Letakkan magnet di atas meja.
2. Taburkan serbuk pasir hitam atau serbuk besi di atas kertas.
3. Letakkan kertas di atas magnet, kemudian amati gerakan serbuk besi.
4. Gambarlah gerakan serbuk pasir/besi yang ada di atas kertas tersebut pada kertas terpisah.
5. Jika sudah melakukan langkah percobaan 3 dan 4, susunlah penggaris, benang, salah satu magnet, dan tumpukan buku di atas meja sehingga magnet dalam posisi menggantung seperti gambar berikut.
6. Dekatkan magnet kedua ke salah satu sisi magnet pertama (yang menggantung).
7. Coba dekatkan lagi magnet kedua ke sisi yang lain magnet pertama.
8. Amati perubahan yang terjadi.
9. Diskusikan dalam kelompok kalian pertanyaan berikut ini.

a. Bagian magnet mana yang menarik serbuk pasir/serbuk besi paling banyak?

Jawaban

Bagian magnet yang menarik serbuk pasir atau serbuk besi paling banyak adalah bagian ujung magnet yang berdekatan dengan serbuk tersebut. Medan magnet yang kuat terpusat di ujung magnet, sehingga serbuk besi akan tertarik dan menempel pada bagian tersebut.

b. Pada langkah percobaan 6, apa yang terjadi ketika kedua magnet saling didekatkan? Mengapa hal itu bisa terjadi?

Jawaban

Pada langkah percobaan 6, ketika kedua magnet saling didekatkan, mereka akan saling tarik-menarik dan berusaha untuk saling melekat. Hal ini terjadi karena setiap magnet memiliki kutub utara (N) dan kutub selatan (S). Prinsip tarik-menarik antara kutub berbeda (N dan S) menyebabkan kedua magnet saling tertarik satu sama lain

c. Pada langkah percobaan 7, apa yang terjadi ketika kedua magnet saling didekatkan? Mengapa hal itu bisa terjadi?

Jawaban

Pada langkah percobaan 7, ketika kedua magnet saling didekatkan dengan sisi yang sama (misalnya, kutub utara dengan kutub utara atau kutub selatan dengan kutub selatan), mereka akan saling tolak-menolak. Ini terjadi karena prinsip tolak-menolak antara kutub yang sama (N dan N atau S dan S). Medan magnet dari kedua magnet berinteraksi dan menyebabkan gaya tolak-menolak sehingga magnet saling menjauh satu sama lain.

Penutup

Demikianlah ulasan tentang Kunci Jawaban Lakukan Bersama IPAS Kelas 5 SD Halaman 82 dan juga pembahasannya. Sekali lagi, jawaban diatas digunakan sebagai pembanding. Selalu belajar untuk dapat lebih memahami lagi dengan materi yang telah diajarkan. Semoga bermanfaat.

Tambahan :

1. Kunci jawaban diatas hanya untuk membandingkan dengan jawaban yang telah kalian kerjakan sebelumnya.
2. Sobat semuanya dapat mencari jawaban yang lebih baik lagi dan lebih meyakinkan.
3. Kunci Jawaban di atas tidak menjamin kebenarannya.

Baca Juga : 

Kunci Jawaban Uji Pemahaman IPAS Kelas 5 SD Halaman 74,75
Kunci Jawaban Uji Pemahaman IPAS Kelas 5 SD Halaman 75
Kunci Jawaban Uji Pemahaman IPAS Kelas 5 SD Halaman 76
Kunci Jawaban Uji Pemahaman IPAS Kelas 5 SD Halaman 80
Kunci Jawaban Mari Mencoba IPAS Kelas 5 SD Halaman 80,81

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Lakukan Bersama IPAS Kelas 5 SD Halaman 82"