Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Peta Konsep IPAS Kelas 5 SD Halaman 38

Kunci Jawaban Peta Konsep IPAS Kelas 5 SD Halaman 38 — Halo kawan ahliartikel, salam sehat dan sukses selalu. Bagi sobat kelas 5 yang sedang mencari Kunci Jawaban IPAS kelas 5 Kurikulum Merdeka Bab 1- Melihat karena Cahaya, Mendengar karena Bunyi, Topik D: Mendengar Karena Bunyi.

Kali ini kita akan mengulas tentang “Peta Konsep” yang terdapat pada buku siswa kelas 5 SD. Dengan adanya pembahasan berikut ini, diharapkan bisa membantu sobat semuanya dengan materi yang telah diajarkan di sekolah.

Diharapkan sobat semuanya mengerjakan soalnya terlebih dahulu sebelum melihat pembahasan yang terdapat dibawah ini, baik dikerjakan secara mandiri maupun dikerjakan secara berkelompok.

Jika sobar semuanya mengalami atau menemukan kesulitan dalam mengerjakan soalnya, jawaban dibawah ini bisa dijadikan referensi untuk membandingkan dengan jawaban yang telah sbat kerjakan sebelumnya.

Selain ini kami juga menyediakan pembahasannya supaya sobat semuanya lebih paham lagi lagi dengan materi yang telah di ajarkan oleh bapak ibu guru.

Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 38

Peta Konsep

Proses Mendengar

1. Proses Pendengaran

- Telinga sebagai organ pendengaran
- Bagian-bagian telinga (telinga luar, telinga tengah, telinga dalam)
- Getaran suara masuk melalui telinga luar dan mencapai gendang telinga
- Gendang telinga bergetar dan mengirimkan getaran ke tulang-tulang pendengaran di telinga tengah
- Tulang-tulang pendengaran (martil, landasan, sanggurdi) menguatkan getaran dan mengirimkannya ke - telinga dalam
- Telinga dalam mengandung koklea yang mengubah getaran menjadi sinyal listrik yang dikirim ke otak melalui saraf pendengaran

2. Proses Pengolahan Bunyi

- Otak memproses sinyal listrik dari telinga untuk menginterpretasikan bunyi.
- Sinyal listrik yang dikirim ke otak diubah menjadi suara yang dapat kita dengar dan mengerti.
- Otak menghubungkan bunyi dengan arti dan makna yang terkait

3. Proses Persepsi Bunyi

- Pendengaran membantu kita mempersepsikan lingkungan sekitar.
- Bunyi yang berbeda memiliki karakteristik yang berbeda (frekuensi, amplitudo, durasi)
- Mendengarkan membantu kita membedakan bunyi dan mengenali suara seperti bicara, musik, atau suara alam.
- Pendengaran juga membantu kita merespons situasi berbahaya dengan mendengar suara bahaya atau peringatan

Menjaga Kesehatan Indra Pendengaran

1. Menghindari Kebisingan Berlebihan

- Definisi kebisingan.
- Dampak negatif kebisingan terhadap pendengaran.
- Cara menghindari kebisingan berlebihan (menggunakan pelindung telinga, menjaga jarak dari sumber kebisingan, mengatur volume suara)

2. Menjaga Kebersihan Telinga

- Perawatan telinga yang baik.
- Membersihkan telinga dengan benar (menggunakan kapas atau kain lembut, tidak menggunakan benda tajam).
- Menghindari penggunaan cotton bud yang dapat menyebabkan kerusakan pada telinga

3. Hindari Penggunaan Benda yang Membahayakan Pendengaran

- Dampak negatif penggunaan benda-benda berbahaya pada pendengaran (misalnya penggunaan earphone atau headphone dengan volume terlalu tinggi).
- Batas aman penggunaan benda-benda tersebut.
- Menggunakan benda dengan bijak dan bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan pendengaran

Sifat Bunyi

1. Frekuensi

- Definisi frekuensi sebagai jumlah getaran dalam satuan waktu.
- Bunyi dengan frekuensi tinggi memiliki getaran yang lebih cepat dan menghasilkan suara yang lebih tinggi.
- Bunyi dengan frekuensi rendah memiliki getaran yang lebih lambat dan menghasilkan suara yang lebih rendah.

2. Amplitudo

- Definisi amplitudo sebagai tinggi atau kekuatan getaran bunyi.
- Bunyi dengan amplitudo tinggi menghasilkan suara yang keras.
- Bunyi dengan amplitudo rendah menghasilkan suara yang lemah.

3. Waktu atau Durasi

- Definisi waktu atau durasi sebagai lamanya suara terdengar.
- Bunyi dengan durasi yang pendek terdengar sebentar.
- Bunyi dengan durasi yang panjang terdengar lebih lama.

4. Timbre

- Definisi timbre sebagai karakteristik unik suara yang membedakannya dari suara lain.
- Setiap benda atau sumber bunyi memiliki timbre yang berbeda-beda.
- Timbre membantu kita mengidentifikasi sumber bunyi, seperti suara manusia, alat musik, atau suara alam.

Penutup

Demikinalah ulasan tentang Kunci Jawaban Peta Konsep IPAS Kelas 5 SD Halaman 38 dan juga pembahasannya. Sekali lagi, jawaban diatas digunakan sebagai pembanding. Selalu belajar untuk dapat lebih memahami lagi dengan materi yang telah diajarkan. Semoga bermanfaat.

Tambahan :

1. Kunci jawaban diatas hanya untuk membandingkan dengan jawaban yang telah kalian kerjakan sebelumnya.
2. Sobat semuanya dapat mencari jawaban yang lebih baik lagi dan lebih meyakinkan.
3. Kunci Jawaban di atas tidak menjamin kebenarannya.

Baca Juga : 

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Peta Konsep IPAS Kelas 5 SD Halaman 38"