Kunci Jawaban Peta Konsep IPAS Kelas 5 SD Halaman 38
Kunci Jawaban Peta Konsep IPAS Kelas 5 SD Halaman 38 — Halo kawan ahliartikel, salam sehat dan sukses selalu. Bagi sobat kelas 5 yang sedang mencari Kunci Jawaban IPAS kelas 5 Kurikulum Merdeka Bab 1- Melihat karena Cahaya, Mendengar karena Bunyi, Topik D: Mendengar Karena Bunyi.
Kali ini kita akan mengulas tentang “Peta Konsep”
yang terdapat pada buku siswa kelas 5 SD. Dengan adanya pembahasan berikut ini,
diharapkan bisa membantu sobat semuanya dengan materi yang telah diajarkan di
sekolah.
Diharapkan sobat semuanya mengerjakan soalnya terlebih
dahulu sebelum melihat pembahasan yang terdapat dibawah ini, baik dikerjakan
secara mandiri maupun dikerjakan secara berkelompok.
Jika sobar semuanya mengalami atau menemukan kesulitan
dalam mengerjakan soalnya, jawaban dibawah ini bisa dijadikan referensi untuk
membandingkan dengan jawaban yang telah sbat kerjakan sebelumnya.
Selain ini kami juga menyediakan pembahasannya supaya
sobat semuanya lebih paham lagi lagi dengan materi yang telah di ajarkan oleh
bapak ibu guru.
Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 38
Peta Konsep
Proses Mendengar
1. Proses Pendengaran
- Telinga sebagai organ pendengaran
- Bagian-bagian telinga (telinga luar, telinga tengah,
telinga dalam)
- Getaran suara masuk melalui telinga luar dan
mencapai gendang telinga
- Gendang telinga bergetar dan mengirimkan getaran ke
tulang-tulang pendengaran di telinga tengah
- Tulang-tulang pendengaran (martil, landasan,
sanggurdi) menguatkan getaran dan mengirimkannya ke - telinga dalam
- Telinga dalam mengandung koklea yang mengubah
getaran menjadi sinyal listrik yang dikirim ke otak melalui saraf pendengaran
2. Proses Pengolahan Bunyi
- Otak memproses sinyal listrik dari telinga untuk
menginterpretasikan bunyi.
- Sinyal listrik yang dikirim ke otak diubah menjadi
suara yang dapat kita dengar dan mengerti.
- Otak menghubungkan bunyi dengan arti dan makna yang
terkait
3. Proses Persepsi Bunyi
- Pendengaran membantu kita mempersepsikan lingkungan
sekitar.
- Bunyi yang berbeda memiliki karakteristik yang
berbeda (frekuensi, amplitudo, durasi)
- Mendengarkan membantu kita membedakan bunyi dan
mengenali suara seperti bicara, musik, atau suara alam.
- Pendengaran juga membantu kita merespons situasi
berbahaya dengan mendengar suara bahaya atau peringatan
Menjaga Kesehatan Indra Pendengaran
1. Menghindari Kebisingan Berlebihan
- Definisi kebisingan.
- Dampak negatif kebisingan terhadap pendengaran.
- Cara menghindari kebisingan berlebihan (menggunakan
pelindung telinga, menjaga jarak dari sumber kebisingan, mengatur volume suara)
2. Menjaga Kebersihan Telinga
- Perawatan telinga yang baik.
- Membersihkan telinga dengan benar (menggunakan kapas
atau kain lembut, tidak menggunakan benda tajam).
- Menghindari penggunaan cotton bud yang dapat
menyebabkan kerusakan pada telinga
3. Hindari Penggunaan Benda yang
Membahayakan Pendengaran
- Dampak negatif penggunaan benda-benda berbahaya pada
pendengaran (misalnya penggunaan earphone atau headphone dengan volume terlalu
tinggi).
- Batas aman penggunaan benda-benda tersebut.
- Menggunakan benda dengan bijak dan bertanggung jawab
untuk menjaga kesehatan pendengaran
Sifat Bunyi
1. Frekuensi
- Definisi frekuensi sebagai jumlah getaran dalam
satuan waktu.
- Bunyi dengan frekuensi tinggi memiliki getaran yang
lebih cepat dan menghasilkan suara yang lebih tinggi.
- Bunyi dengan frekuensi rendah memiliki getaran yang
lebih lambat dan menghasilkan suara yang lebih rendah.
2. Amplitudo
- Definisi amplitudo sebagai tinggi atau kekuatan
getaran bunyi.
- Bunyi dengan amplitudo tinggi menghasilkan suara
yang keras.
- Bunyi dengan amplitudo rendah menghasilkan suara
yang lemah.
3. Waktu atau Durasi
- Definisi waktu atau durasi sebagai lamanya suara
terdengar.
- Bunyi dengan durasi yang pendek terdengar sebentar.
- Bunyi dengan durasi yang panjang terdengar lebih
lama.
4. Timbre
- Definisi timbre sebagai karakteristik unik suara
yang membedakannya dari suara lain.
- Setiap benda atau sumber bunyi memiliki timbre yang
berbeda-beda.
- Timbre membantu kita mengidentifikasi sumber bunyi,
seperti suara manusia, alat musik, atau suara alam.
Penutup
Demikinalah ulasan tentang Kunci Jawaban Peta Konsep IPAS
Kelas 5 SD Halaman 38 dan juga pembahasannya. Sekali lagi, jawaban diatas
digunakan sebagai pembanding. Selalu belajar untuk dapat lebih memahami lagi
dengan materi yang telah diajarkan. Semoga bermanfaat.
Tambahan :
1. Kunci jawaban diatas hanya untuk membandingkan
dengan jawaban yang telah kalian kerjakan sebelumnya.
2. Sobat semuanya dapat mencari jawaban yang lebih
baik lagi dan lebih meyakinkan.
3. Kunci Jawaban di atas tidak menjamin kebenarannya.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Peta Konsep IPAS Kelas 5 SD Halaman 38"