Kunci Jawaban Mari Mencoba IPAS Kelas 5 SD Halaman 65,66,67
Kunci Jawaban Mari Mencoba IPAS Kelas 5 SD Halaman 65,66,67 — Halo kawan ahliartikel, salam sehat dan sukses selalu. Bagi sobat kelas 5 yang sedang mencari Kunci Jawaban IPAS kelas 5 Kurikulum Merdeka Bab 2 Harmoni dalam Ekosistem, Topik C: Ekosistem yang Harmonis.
Kali ini kita akan mengulas tentang “Mari Mencoba”
yang terdapat pada buku siswa kelas 5 SD. Dengan adanya pembahasan berikut ini,
diharapkan bisa membantu sobat semuanya dengan materi yang telah diajarkan di
sekolah.
Diharapkan sobat semuanya mengerjakan soalnya terlebih
dahulu sebelum melihat pembahasan yang terdapat dibawah ini, baik dikerjakan
secara mandiri maupun dikerjakan secara berkelompok.
Jika sobar semuanya mengalami atau menemukan kesulitan
dalam mengerjakan soalnya, jawaban dibawah ini bisa dijadikan referensi untuk
membandingkan dengan jawaban yang telah sbat kerjakan sebelumnya.
Selain ini kami juga menyediakan pembahasannya supaya
sobat semuanya lebih paham lagi lagi dengan materi yang telah di ajarkan oleh
bapak ibu guru.
Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 65,66,67
Mari Mencoba
Menganalisis
Dampak Ketidakseimbangan Ekosistem
Yuk, kita kembali kepada kisah pamannya Mia dan Dara.
Mari kita bantu pecahkan mengapa hama tahun ini semakin banyak dan memengaruhi
jumlah panen paman. Apa yang kira-kira terjadi pada ekosistem sawah tersebut?
Perhatikan gambar jaring-jaring makanan di sawah berikut:
Yuk, kita kembali kepada kisah pamannya Mia dan Dara. Mari kita bantu pecahkan mengapa hama tahun ini semakin banyak dan memengaruhi jumlah panen paman. Apa yang kira-kira terjadi pada ekosistem sawah tersebut?
Perhatikan gambar jaring-jaring makanan di sawah
berikut
1. Cobalah analisis beberapa kasus yang mungkin
terjadi dan lihat dampaknya pada jaring-jaring makanan di sawah.
2. Tuliskan semua kemungkinan yang terjadi pada setiap
kasus di buku tugas kalian.
a. Kasus 1: Terjadi perburuan elang untuk
diperjualbelikan.
Jawaban
Dampaknya:
- Jika elang sebagai predator utama di ekosistem sawah
berkurang, populasi hewan mangsanya seperti tikus dan serangga dapat meningkat.
- Populasi tikus yang meningkat dapat merusak tanaman
padi dan mengurangi jumlah panen.
b. Kasus 2: Pembangunan di sekitar sawah
yang biasanya menjadi tempat tinggal ular.
Jawaban
- Jika habitat ular sebagai konsumen tingkat konsumen
tinggi terganggu atau dihancurkan, maka populasi hewan yang menjadi mangsa
ular, seperti tikus, katak, dan serangga, dapat meningkat.
- Penyimpangan populasi organisme konsumen yang lebih
rendah dapat mengganggu rantai makanan dan keseimbangan ekosistem, serta dapat
mengurangi jumlah panen.
c. Kasus 3: Permintaan ekspor katak sawah
untuk dijadikan makanan semakin banyak sehingga banyak terjadi perburuan katak
sawah.
Jawaban
- Jika katak sawah sebagai konsumen tingkat rendah
berkurang karena perburuan yang berlebihan, maka populasi organisme konsumen
yang menjadi mangsa katak, seperti serangga dan ulat, dapat meningkat.
- Penyimpangan populasi organisme konsumen yang lebih
rendah dapat mengganggu rantai makanan dan keseimbangan ekosistem, serta dapat
mengurangi jumlah panen.
d. Kasus 4: Orang-orang menjadikan berburu
burung dengan senapan menjadi hobi dan olahraga.
Jawaban
- Jika burung sebagai konsumen tingkat rendah
berkurang karena berburu yang berlebihan, maka populasi organisme konsumen yang
menjadi mangsa burung, seperti serangga dan ulat, dapat meningkat.
- Penyimpangan populasi organisme konsumen yang lebih
rendah dapat mengganggu rantai makanan dan keseimbangan ekosistem, serta dapat
mengurangi jumlah panen.
Penutup
Demikinalah ulasan tentang Kunci Jawaban Mari Mencoba IPAS
Kelas 5 SD Halaman 65,66,67 dan juga pembahasannya. Sekali lagi, jawaban diatas
digunakan sebagai pembanding. Selalu belajar untuk dapat lebih memahami lagi
dengan materi yang telah diajarkan. Semoga bermanfaat.
Tambahan :
1. Kunci jawaban diatas hanya untuk membandingkan
dengan jawaban yang telah kalian kerjakan sebelumnya.
2. Sobat semuanya dapat mencari jawaban yang lebih
baik lagi dan lebih meyakinkan.
3. Kunci Jawaban di atas tidak menjamin kebenarannya.





Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Mari Mencoba IPAS Kelas 5 SD Halaman 65,66,67"