Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Mari Mencoba IPAS Kelas 5 SD Halaman 65,66,67

Kunci Jawaban Mari Mencoba IPAS Kelas 5 SD Halaman 65,66,67 — Halo kawan ahliartikel, salam sehat dan sukses selalu. Bagi sobat kelas 5 yang sedang mencari Kunci Jawaban IPAS kelas 5 Kurikulum Merdeka Bab 2 Harmoni dalam Ekosistem, Topik C: Ekosistem yang Harmonis.

Kali ini kita akan mengulas tentang “Mari Mencoba” yang terdapat pada buku siswa kelas 5 SD. Dengan adanya pembahasan berikut ini, diharapkan bisa membantu sobat semuanya dengan materi yang telah diajarkan di sekolah.

Diharapkan sobat semuanya mengerjakan soalnya terlebih dahulu sebelum melihat pembahasan yang terdapat dibawah ini, baik dikerjakan secara mandiri maupun dikerjakan secara berkelompok.

Jika sobar semuanya mengalami atau menemukan kesulitan dalam mengerjakan soalnya, jawaban dibawah ini bisa dijadikan referensi untuk membandingkan dengan jawaban yang telah sbat kerjakan sebelumnya.

Selain ini kami juga menyediakan pembahasannya supaya sobat semuanya lebih paham lagi lagi dengan materi yang telah di ajarkan oleh bapak ibu guru.

Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 65,66,67

Mari Mencoba

Menganalisis Dampak Ketidakseimbangan Ekosistem

Yuk, kita kembali kepada kisah pamannya Mia dan Dara. Mari kita bantu pecahkan mengapa hama tahun ini semakin banyak dan memengaruhi jumlah panen paman. Apa yang kira-kira terjadi pada ekosistem sawah tersebut? Perhatikan gambar jaring-jaring makanan di sawah berikut:

Yuk, kita kembali kepada kisah pamannya Mia dan Dara. Mari kita bantu pecahkan mengapa hama tahun ini semakin banyak dan memengaruhi jumlah panen paman. Apa yang kira-kira terjadi pada ekosistem sawah tersebut?

Perhatikan gambar jaring-jaring makanan di sawah berikut

1. Cobalah analisis beberapa kasus yang mungkin terjadi dan lihat dampaknya pada jaring-jaring makanan di sawah.

2. Tuliskan semua kemungkinan yang terjadi pada setiap kasus di buku tugas kalian.

a. Kasus 1: Terjadi perburuan elang untuk diperjualbelikan.

Jawaban

Dampaknya:

- Jika elang sebagai predator utama di ekosistem sawah berkurang, populasi hewan mangsanya seperti tikus dan serangga dapat meningkat.

- Populasi tikus yang meningkat dapat merusak tanaman padi dan mengurangi jumlah panen.

b. Kasus 2: Pembangunan di sekitar sawah yang biasanya menjadi tempat tinggal ular.

Jawaban

- Jika habitat ular sebagai konsumen tingkat konsumen tinggi terganggu atau dihancurkan, maka populasi hewan yang menjadi mangsa ular, seperti tikus, katak, dan serangga, dapat meningkat.

- Penyimpangan populasi organisme konsumen yang lebih rendah dapat mengganggu rantai makanan dan keseimbangan ekosistem, serta dapat mengurangi jumlah panen.

c. Kasus 3: Permintaan ekspor katak sawah untuk dijadikan makanan semakin banyak sehingga banyak terjadi perburuan katak sawah.

Jawaban

- Jika katak sawah sebagai konsumen tingkat rendah berkurang karena perburuan yang berlebihan, maka populasi organisme konsumen yang menjadi mangsa katak, seperti serangga dan ulat, dapat meningkat.

- Penyimpangan populasi organisme konsumen yang lebih rendah dapat mengganggu rantai makanan dan keseimbangan ekosistem, serta dapat mengurangi jumlah panen.

d. Kasus 4: Orang-orang menjadikan berburu burung dengan senapan menjadi hobi dan olahraga.

Jawaban

- Jika burung sebagai konsumen tingkat rendah berkurang karena berburu yang berlebihan, maka populasi organisme konsumen yang menjadi mangsa burung, seperti serangga dan ulat, dapat meningkat.

- Penyimpangan populasi organisme konsumen yang lebih rendah dapat mengganggu rantai makanan dan keseimbangan ekosistem, serta dapat mengurangi jumlah panen.

Penutup

Demikinalah ulasan tentang Kunci Jawaban Mari Mencoba IPAS Kelas 5 SD Halaman 65,66,67 dan juga pembahasannya. Sekali lagi, jawaban diatas digunakan sebagai pembanding. Selalu belajar untuk dapat lebih memahami lagi dengan materi yang telah diajarkan. Semoga bermanfaat.

Tambahan :

1. Kunci jawaban diatas hanya untuk membandingkan dengan jawaban yang telah kalian kerjakan sebelumnya.
2. Sobat semuanya dapat mencari jawaban yang lebih baik lagi dan lebih meyakinkan.
3. Kunci Jawaban di atas tidak menjamin kebenarannya.

Baca Juga : 

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Mari Mencoba IPAS Kelas 5 SD Halaman 65,66,67"