Kunci Jawaban Lakukan Bersama IPAS Kelas 5 SD Halaman 63,64,65
Kunci Jawaban Lakukan Bersama IPAS Kelas 5 SD Halaman 63,64,65 — Halo kawan ahliartikel, salam sehat dan sukses selalu. Bagi sobat kelas 5 yang sedang mencari Kunci Jawaban IPAS kelas 5 Kurikulum Merdeka Bab 2 Harmoni dalam Ekosistem, Topik C: Ekosistem yang Harmonis.
Kali ini kita akan mengulas tentang “Lakukan
Bersama” yang terdapat pada buku siswa kelas 5 SD. Dengan adanya pembahasan
berikut ini, diharapkan bisa membantu sobat semuanya dengan materi yang telah
diajarkan di sekolah.
Diharapkan sobat semuanya mengerjakan soalnya terlebih
dahulu sebelum melihat pembahasan yang terdapat dibawah ini, baik dikerjakan
secara mandiri maupun dikerjakan secara berkelompok.
Jika sobar semuanya mengalami atau menemukan kesulitan
dalam mengerjakan soalnya, jawaban dibawah ini bisa dijadikan referensi untuk
membandingkan dengan jawaban yang telah sbat kerjakan sebelumnya.
Selain ini kami juga menyediakan pembahasannya supaya
sobat semuanya lebih paham lagi lagi dengan materi yang telah di ajarkan oleh
bapak ibu guru.
Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 63,64,65
Lakukan Bersama
Masih ingat dengan permainan jaring-jaring makanan di
Topik A? Yuk, kita lanjutkan permainan ini! Sebelum mulai, siapkan kembali
benang dan kertas labelnya, ya.
1. Gunakan kembali jaring-jaring makanan yang sudah
kalian buat di karya sebelumnya sebagai anggota ekosistem.
2. Buatlah lingkaran dengan kelompok kalian dan
hubungkan dengan benang sesuai dengan perannya masing-masing.
3. Sekarang, mari kita bermain “andaikan”. Buatlah
cerita andaikan yang membuat peran yang dimainkan hilang/berkurang di ekosistem
itu. Setelah mengutarakan “andaikan”, keluarlah dari lingkaran dan lepaskan
benang yang dipegang
4. Perhatikan contoh berikut.“Andaikan ada kebakaran
hutan sehingga pohon-pohon hangus terbakar”
a. Maka yang berperan menjadi pohon keluar dari
lingkaran dan melepaskan benang yang dipegangnya.
b. Teman lain yang terhubung dengan pohon harus
memikirkan apakah bisa bertahan dalam lingkaran atau harus ikut keluar. Jika
keluar, maka ia juga akan melepaskan benangnya. Begitu seterusnya.
5. Jika tidak ada lagi yang perlu keluar lingkaran,
ulangi permainan dengan cerita yang baru. Lakukan permainan sampai 3 atau 4
cerita “andaikan”.
6. Setelah selesai permainan ini, coba renungkan
pertanyaan berikut dan tulis dalam buku tugas kalian.
a. Kejadian apa di kelompok kalian yang
paling banyak memutus rantai makanan?
Jawaban
Beberapa contoh kejadian yang dapat memutus rantai
makanan adalah:
Jika predator utama dalam jaring-jaring makanan
tersebut mati atau hilang, maka akan terjadi ketidakseimbangan dalam rantai
makanan.
Jika produsen (tumbuhan) yang menjadi dasar
jaring-jaring makanan mengalami kerusakan atau kekurangan, maka akan berdampak
pada organisme konsumen yang bergantung padanya.
b. Apa yang terjadi saat konsumen tingkat
3 hilang dari ekosistem?
Jawaban
Jika konsumen tingkat 3 hilang dari ekosistem, hal ini
akan berdampak pada rantai makanan dan keseimbangan ekosistem. Konsumen tingkat
3 merupakan konsumen puncak yang memakan organisme di tingkat konsumen yang
lebih rendah. Jika konsumen tingkat 3 hilang, populasi organisme di tingkat
konsumen yang lebih rendah akan meningkat. Hal ini dapat mengakibatkan
penurunan jumlah produsen karena tingkat konsumsi yang berlebihan, serta
mengganggu keseimbangan ekosistem secara keseluruhan.
c. Apa yang terjadi saat tidak ada produsen?
Jawaban
Produsen, yang biasanya berupa tumbuhan hijau, adalah
sumber energi utama dalam ekosistem karena mereka dapat mengubah energi
matahari menjadi energi yang dapat dimanfaatkan oleh organisme lain melalui
fotosintesis. Jika tidak ada produsen, tidak akan ada sumber energi dasar yang
cukup untuk mendukung organisme lain dalam rantai makanan. Ini akan mengganggu
keseimbangan ekosistem dan menyebabkan penurunan populasi organisme konsumen
dan dekomposer.
d. Apakah ada kejadian yang menurut kalian
bisa menambah banyak populasi hewan lain?
Jawaban
Salah satu contoh kejadian yang dapat meningkatkan
populasi hewan lain adalah ketika ada penambahan atau peningkatan sumber
makanan yang tersedia bagi organisme tersebut. Misalnya, jika ada penambahan
tumbuhan yang menjadi produsen dalam ekosistem, maka populasi konsumen yang
bergantung pada tumbuhan tersebut dapat meningkat. Selain itu, jika predator
utama dalam rantai makanan dikurangi atau hilang, maka populasi organisme yang
biasanya menjadi mangsa predator tersebut dapat bertambah.
e. Dari kegiatan yang sudah dilakukan,
faktor apa saja yang bisa menyebabkan rusaknya ekosistem?
Jawaban
Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan
ekosistem adalah:
Kerusakan habitat:
Penyusutan habitat alami, deforestasi, atau perubahan penggunaan lahan yang
tidak tepat dapat menghancurkan atau mengganggu ekosistem serta mengurangi
ketersediaan sumber daya bagi organisme.
Pencemaran:
Pencemaran air, udara, atau tanah dapat merusak ekosistem dan mengancam
kehidupan organisme di dalamnya. Pencemaran dapat berasal dari limbah industri,
pertanian, atau kegiatan manusia lainnya.
Perubahan iklim:
Perubahan iklim global dapat memiliki dampak signifikan terhadap ekosistem.
Perubahan suhu, pola curah hujan, dan tingkat keasaman air dapat mengganggu
kehidupan organisme, termasuk mempengaruhi distribusi dan kelangsungan hidup
produsen dan konsumen.
Spesies invasif:
Masuknya spesies invasif ke dalam ekosistem asli dapat mengganggu keseimbangan
ekosistem dan mengancam keberadaan spesies asli. Spesies invasif sering kali
memiliki daya saing yang tinggi dan dapat memakan sumber daya yang seharusnya
digunakan oleh organisme lain.
Overexploitasi sumber daya alam:
Pemanfaatan berlebihan terhadap sumber daya alam, seperti perburuan berlebihan
atau penangkapan ikan yang tidak berkelanjutan, dapat mengakibatkan penurunan
populasi dan bahkan kepunahan spesies tertentu. Hal ini dapat mengganggu
keseimbangan dalam jaring-jaring makanan dan mengancam keberlanjutan ekosistem.
Penutup
Demikinalah ulasan tentang Kunci Jawaban Lakukan
Bersama IPAS Kelas 5 SD Halaman 63,64,65 dan juga pembahasannya. Sekali lagi,
jawaban diatas digunakan sebagai pembanding. Selalu belajar untuk dapat lebih
memahami lagi dengan materi yang telah diajarkan. Semoga bermanfaat.
Tambahan :
1. Kunci jawaban diatas hanya untuk membandingkan
dengan jawaban yang telah kalian kerjakan sebelumnya.
2. Sobat semuanya dapat mencari jawaban yang lebih
baik lagi dan lebih meyakinkan.
3. Kunci Jawaban di atas tidak menjamin kebenarannya.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Lakukan Bersama IPAS Kelas 5 SD Halaman 63,64,65"