Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Lakukan Bersama IPAS Kelas 5 SD Halaman 63,64,65

Kunci Jawaban Lakukan Bersama IPAS Kelas 5 SD Halaman 63,64,65 — Halo kawan ahliartikel, salam sehat dan sukses selalu. Bagi sobat kelas 5 yang sedang mencari Kunci Jawaban IPAS kelas 5 Kurikulum Merdeka Bab 2 Harmoni dalam Ekosistem, Topik C: Ekosistem yang Harmonis.

Kali ini kita akan mengulas tentang “Lakukan Bersama” yang terdapat pada buku siswa kelas 5 SD. Dengan adanya pembahasan berikut ini, diharapkan bisa membantu sobat semuanya dengan materi yang telah diajarkan di sekolah.

Diharapkan sobat semuanya mengerjakan soalnya terlebih dahulu sebelum melihat pembahasan yang terdapat dibawah ini, baik dikerjakan secara mandiri maupun dikerjakan secara berkelompok.

Jika sobar semuanya mengalami atau menemukan kesulitan dalam mengerjakan soalnya, jawaban dibawah ini bisa dijadikan referensi untuk membandingkan dengan jawaban yang telah sbat kerjakan sebelumnya.

Selain ini kami juga menyediakan pembahasannya supaya sobat semuanya lebih paham lagi lagi dengan materi yang telah di ajarkan oleh bapak ibu guru.

Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 63,64,65

Lakukan Bersama

Masih ingat dengan permainan jaring-jaring makanan di Topik A? Yuk, kita lanjutkan permainan ini! Sebelum mulai, siapkan kembali benang dan kertas labelnya, ya.

1. Gunakan kembali jaring-jaring makanan yang sudah kalian buat di karya sebelumnya sebagai anggota ekosistem.

2. Buatlah lingkaran dengan kelompok kalian dan hubungkan dengan benang sesuai dengan perannya masing-masing.

3. Sekarang, mari kita bermain “andaikan”. Buatlah cerita andaikan yang membuat peran yang dimainkan hilang/berkurang di ekosistem itu. Setelah mengutarakan “andaikan”, keluarlah dari lingkaran dan lepaskan benang yang dipegang

4. Perhatikan contoh berikut.“Andaikan ada kebakaran hutan sehingga pohon-pohon hangus terbakar”

a. Maka yang berperan menjadi pohon keluar dari lingkaran dan melepaskan benang yang dipegangnya.

b. Teman lain yang terhubung dengan pohon harus memikirkan apakah bisa bertahan dalam lingkaran atau harus ikut keluar. Jika keluar, maka ia juga akan melepaskan benangnya. Begitu seterusnya.

5. Jika tidak ada lagi yang perlu keluar lingkaran, ulangi permainan dengan cerita yang baru. Lakukan permainan sampai 3 atau 4 cerita “andaikan”.

6. Setelah selesai permainan ini, coba renungkan pertanyaan berikut dan tulis dalam buku tugas kalian.

a. Kejadian apa di kelompok kalian yang paling banyak memutus rantai makanan?

Jawaban

Beberapa contoh kejadian yang dapat memutus rantai makanan adalah:

Jika predator utama dalam jaring-jaring makanan tersebut mati atau hilang, maka akan terjadi ketidakseimbangan dalam rantai makanan.

Jika produsen (tumbuhan) yang menjadi dasar jaring-jaring makanan mengalami kerusakan atau kekurangan, maka akan berdampak pada organisme konsumen yang bergantung padanya.

b. Apa yang terjadi saat konsumen tingkat 3 hilang dari ekosistem?

Jawaban

Jika konsumen tingkat 3 hilang dari ekosistem, hal ini akan berdampak pada rantai makanan dan keseimbangan ekosistem. Konsumen tingkat 3 merupakan konsumen puncak yang memakan organisme di tingkat konsumen yang lebih rendah. Jika konsumen tingkat 3 hilang, populasi organisme di tingkat konsumen yang lebih rendah akan meningkat. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan jumlah produsen karena tingkat konsumsi yang berlebihan, serta mengganggu keseimbangan ekosistem secara keseluruhan.

c. Apa yang terjadi saat tidak ada produsen?

Jawaban

Produsen, yang biasanya berupa tumbuhan hijau, adalah sumber energi utama dalam ekosistem karena mereka dapat mengubah energi matahari menjadi energi yang dapat dimanfaatkan oleh organisme lain melalui fotosintesis. Jika tidak ada produsen, tidak akan ada sumber energi dasar yang cukup untuk mendukung organisme lain dalam rantai makanan. Ini akan mengganggu keseimbangan ekosistem dan menyebabkan penurunan populasi organisme konsumen dan dekomposer.

d. Apakah ada kejadian yang menurut kalian bisa menambah banyak populasi hewan lain?

Jawaban

Salah satu contoh kejadian yang dapat meningkatkan populasi hewan lain adalah ketika ada penambahan atau peningkatan sumber makanan yang tersedia bagi organisme tersebut. Misalnya, jika ada penambahan tumbuhan yang menjadi produsen dalam ekosistem, maka populasi konsumen yang bergantung pada tumbuhan tersebut dapat meningkat. Selain itu, jika predator utama dalam rantai makanan dikurangi atau hilang, maka populasi organisme yang biasanya menjadi mangsa predator tersebut dapat bertambah.

e. Dari kegiatan yang sudah dilakukan, faktor apa saja yang bisa menyebabkan rusaknya ekosistem?

Jawaban

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan ekosistem adalah:

Kerusakan habitat: Penyusutan habitat alami, deforestasi, atau perubahan penggunaan lahan yang tidak tepat dapat menghancurkan atau mengganggu ekosistem serta mengurangi ketersediaan sumber daya bagi organisme.

Pencemaran: Pencemaran air, udara, atau tanah dapat merusak ekosistem dan mengancam kehidupan organisme di dalamnya. Pencemaran dapat berasal dari limbah industri, pertanian, atau kegiatan manusia lainnya.

Perubahan iklim: Perubahan iklim global dapat memiliki dampak signifikan terhadap ekosistem. Perubahan suhu, pola curah hujan, dan tingkat keasaman air dapat mengganggu kehidupan organisme, termasuk mempengaruhi distribusi dan kelangsungan hidup produsen dan konsumen.

Spesies invasif: Masuknya spesies invasif ke dalam ekosistem asli dapat mengganggu keseimbangan ekosistem dan mengancam keberadaan spesies asli. Spesies invasif sering kali memiliki daya saing yang tinggi dan dapat memakan sumber daya yang seharusnya digunakan oleh organisme lain.

Overexploitasi sumber daya alam: Pemanfaatan berlebihan terhadap sumber daya alam, seperti perburuan berlebihan atau penangkapan ikan yang tidak berkelanjutan, dapat mengakibatkan penurunan populasi dan bahkan kepunahan spesies tertentu. Hal ini dapat mengganggu keseimbangan dalam jaring-jaring makanan dan mengancam keberlanjutan ekosistem.

Penutup

Demikinalah ulasan tentang Kunci Jawaban Lakukan Bersama IPAS Kelas 5 SD Halaman 63,64,65 dan juga pembahasannya. Sekali lagi, jawaban diatas digunakan sebagai pembanding. Selalu belajar untuk dapat lebih memahami lagi dengan materi yang telah diajarkan. Semoga bermanfaat.

Tambahan :

1. Kunci jawaban diatas hanya untuk membandingkan dengan jawaban yang telah kalian kerjakan sebelumnya.
2. Sobat semuanya dapat mencari jawaban yang lebih baik lagi dan lebih meyakinkan.
3. Kunci Jawaban di atas tidak menjamin kebenarannya.

Baca Juga : 

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Lakukan Bersama IPAS Kelas 5 SD Halaman 63,64,65"