Kunci Jawaban Lakukan Bersama IPAS Kelas 5 SD Halaman 58
Kunci Jawaban Lakukan Bersama IPAS Kelas 5 SD Halaman 58 — Halo kawan ahliartikel, salam sehat dan sukses selalu. Bagi sobat kelas 5 yang sedang mencari Kunci Jawaban IPAS kelas 5 Kurikulum Merdeka Bab 2 Harmoni dalam Ekosistem, Topik B: Memakan dan Dimakan.
Kali ini kita akan mengulas tentang “Lakukan
Bersama” yang terdapat pada buku siswa kelas 5 SD. Dengan adanya pembahasan
berikut ini, diharapkan bisa membantu sobat semuanya dengan materi yang telah
diajarkan di sekolah.
Diharapkan sobat semuanya mengerjakan soalnya terlebih
dahulu sebelum melihat pembahasan yang terdapat dibawah ini, baik dikerjakan
secara mandiri maupun dikerjakan secara berkelompok.
Jika sobar semuanya mengalami atau menemukan kesulitan
dalam mengerjakan soalnya, jawaban dibawah ini bisa dijadikan referensi untuk
membandingkan dengan jawaban yang telah sbat kerjakan sebelumnya.
Selain ini kami juga menyediakan pembahasannya supaya
sobat semuanya lebih paham lagi lagi dengan materi yang telah di ajarkan oleh
bapak ibu guru.
Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 58
Lakukan Bersama
Berkumpul dengan kelompok kalian dan lakukan kegiatan
berikut.
1. Diskusikan mengenai hasil kegiatan yang baru
dilakukan. Apakah ada perbedaan data yang kalian temukan? Jika ada, cari tahu
bersama-sama apa yang membuat berbeda.
2. Setelah itu diskusikan pertanyaan berikut.
a. Siapa yang mendapatkan energi paling banyak?
Urutkan dari yang paling banyak sampai paling sedikit.
Jawaban
Produsen (tumbuhan) mendapatkan energi paling banyak
karena mereka menghasilkan makanan melalui fotosintesis dan menjadi sumber
energi bagi organisme lain.
Konsumen tingkat 1 mendapatkan energi yang lebih
sedikit daripada produsen karena mereka memakan tumbuhan atau produsen.
Konsumen tingkat 2 mendapatkan energi yang lebih
sedikit lagi karena mereka memakan organisme di tingkat konsumen tingkat 1.
Urutan jumlah energi yang didapatkan: Produsen >
Konsumen Tingkat 1 > Konsumen Tingkat 2
b. Apakah energi yang ditransfer pada jaring-jaring
makanan semakin banyak atau semakin sedikit? Mengapa?
Jawaban
Energi yang ditransfer pada jaring-jaring makanan
semakin sedikit seiring dengan naiknya tingkatan konsumen dalam rantai makanan.
Hal ini disebabkan oleh hilangnya sebagian energi dalam bentuk panas saat
organisme menggunakan energi tersebut untuk kehidupan sehari-hari, seperti
pergerakan dan pertumbuhan. Hanya sebagian kecil energi yang dapat digunakan
oleh konsumen pada tingkat berikutnya.
c. Menurut kalian, hewan mana yang jumlahnya akan
lebih banyak? Apakah ada hubungannya jumlah hewan dengan transfer energinya?
Jawaban
Jumlah hewan pada tingkat produsen akan lebih banyak
dibandingkan dengan jumlah hewan pada tingkat konsumen tingkat 1, dan jumlah
hewan pada tingkat konsumen tingkat 1 akan lebih banyak daripada jumlah hewan
pada tingkat konsumen tingkat 2.
Hubungan jumlah hewan dengan transfer energi adalah
semakin tinggi tingkatan konsumen, semakin sedikit jumlah hewan. Hal ini
terjadi karena semakin tinggi tingkatan konsumen, semakin sedikit energi yang
tersedia dan mampu ditransfer ke tingkat berikutnya. Dengan demikian, untuk
memenuhi kebutuhan energi yang lebih tinggi, populasi hewan pada tingkat
konsumen tingkat lebih rendah.
Pemahaman tentang hubungan antara jumlah hewan dan
transfer energi membantu kita memahami bahwa dalam ekosistem, terdapat piramida
energi, di mana jumlah energi yang tersedia semakin menurun pada setiap tingkat
trofik.
Penutup
Demikinalah ulasan tentang Kunci Jawaban Lakukan
Bersama IPAS Kelas 5 SD Halaman 58 dan juga pembahasannya. Sekali lagi, jawaban
diatas digunakan sebagai pembanding. Selalu belajar untuk dapat lebih memahami
lagi dengan materi yang telah diajarkan. Semoga bermanfaat.
Tambahan :
1. Kunci jawaban diatas hanya untuk membandingkan
dengan jawaban yang telah kalian kerjakan sebelumnya.
2. Sobat semuanya dapat mencari jawaban yang lebih
baik lagi dan lebih meyakinkan.
3. Kunci Jawaban di atas tidak menjamin kebenarannya.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Lakukan Bersama IPAS Kelas 5 SD Halaman 58"