Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Lakukan Bersama IPAS Kelas 5 SD Halaman 68

Kunci Jawaban Lakukan Bersama IPAS Kelas 5 SD Halaman 68 — Halo kawan ahliartikel, salam sehat dan sukses selalu. Bagi sobat kelas 5 yang sedang mencari Kunci Jawaban IPAS kelas 5 Kurikulum Merdeka Bab 2 Harmoni dalam Ekosistem, Topik C: Ekosistem yang Harmonis.

Kali ini kita akan mengulas tentang “Lakukan Bersama” yang terdapat pada buku siswa kelas 5 SD. Dengan adanya pembahasan berikut ini, diharapkan bisa membantu sobat semuanya dengan materi yang telah diajarkan di sekolah.

Diharapkan sobat semuanya mengerjakan soalnya terlebih dahulu sebelum melihat pembahasan yang terdapat dibawah ini, baik dikerjakan secara mandiri maupun dikerjakan secara berkelompok.

Jika sobar semuanya mengalami atau menemukan kesulitan dalam mengerjakan soalnya, jawaban dibawah ini bisa dijadikan referensi untuk membandingkan dengan jawaban yang telah sbat kerjakan sebelumnya.

Selain ini kami juga menyediakan pembahasannya supaya sobat semuanya lebih paham lagi lagi dengan materi yang telah di ajarkan oleh bapak ibu guru.

Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 68

Lakukan Bersama

Yuk, berkumpul dengan kelompok kalian dan lakukan kegiatan berikut.

1. Bertukar pikiran untuk setiap kasus dengan teman-teman sekelompok kalian.

2. Tuliskan pada buku tugas jika ada kemungkinan baru yang kalian dapat dari teman kalian.

3. Setelah itu, diskusikan pertanyaan berikut.

a. Kasus mana yang memungkinkan terjadinya peningkatan populasi tikus?

Jawaban

Kasus yang memungkinkan terjadinya peningkatan populasi tikus adalah kasus di mana terjadi penurunan populasi predator tikus, seperti perburuan berlebihan terhadap elang atau perubahan habitat yang mengurangi populasi ular.

b. Kasus mana yang memungkinkan terjadinya peningkatan populasi serangga?

Jawaban

Kasus yang memungkinkan terjadinya peningkatan populasi serangga adalah kasus di mana terjadi penurunan populasi pemangsa serangga, seperti berburu burung dengan senapan yang mengurangi populasi burung pemangsa serangga.

c. Apakah ada kemungkinan lain dari 4 kasus di atas yang memungkinkan terjadinya peningkatan populasi tikus dan serangga?

Jawaban

Ya, ada kemungkinan lain yang dapat mempengaruhi peningkatan populasi tikus dan serangga dalam ekosistem sawah. Misalnya, perubahan pola pertanian yang mengurangi keberadaan pemangsa alami, penggunaan pestisida yang tidak selektif, atau perubahan lingkungan seperti perubahan suhu atau curah hujan yang mempengaruhi siklus hidup tikus dan serangga.

d. Siapa yang berperan terhadap adanya perubahan dalam ekosistem sawah?

Jawaban

Perubahan dalam ekosistem sawah dapat disebabkan oleh campur tangan manusia, seperti aktivitas pertanian yang tidak berkelanjutan, perburuan berlebihan terhadap predator alami, atau perubahan penggunaan lahan seperti pembangunan di sekitar sawah. Namun, faktor alami seperti perubahan cuaca atau perubahan siklus alam juga dapat mempengaruhi ekosistem sawah.

4. Tuliskan jawabannya pada buku tugas.

5. Setelah itu, simpulkan apa yang terjadi pada ekosistem sawah paman.

Jawaban

Simpulan yang dapat diambil adalah adanya gangguan atau perubahan dalam ekosistem sawah dapat menyebabkan peningkatan populasi tikus dan serangga. Hal ini dapat mengganggu keseimbangan ekosistem dan mengurangi hasil panen yang diperoleh

6. Apakah kalian dan teman kalian punya solusi agar panen selanjutnya bisa lebih baik?

Jawaban

Solusi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil panen selanjutnya adalah:

- Menerapkan metode pengendalian hayati dengan memperkenalkan pemangsa alami tikus dan serangga.

- Melakukan rotasi tanaman untuk mengurangi risiko penyebaran hama yang spesifik pada satu jenis tanaman.

- Menggunakan pestisida yang selektif dan ramah lingkungan.

- Mempertahankan atau memulihkan habitat alami di sekitar sawah sebagai tempat hidup bagi predator alami tikus dan serangga.

- Menjaga keseimbangan ekosistem dan meminimalisir campur tangan manusia yang merusak ekosistem sawah.

Penutup

Demikinalah ulasan tentang Kunci Jawaban Lakukan Bersama IPAS Kelas 5 SD Halaman 68 dan juga pembahasannya. Sekali lagi, jawaban diatas digunakan sebagai pembanding. Selalu belajar untuk dapat lebih memahami lagi dengan materi yang telah diajarkan. Semoga bermanfaat.

Tambahan :

1. Kunci jawaban diatas hanya untuk membandingkan dengan jawaban yang telah kalian kerjakan sebelumnya.
2. Sobat semuanya dapat mencari jawaban yang lebih baik lagi dan lebih meyakinkan.
3. Kunci Jawaban di atas tidak menjamin kebenarannya.

Baca Juga : 

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Lakukan Bersama IPAS Kelas 5 SD Halaman 68"