Kunci Jawaban Lakukan Bersama IPAS Kelas 5 SD Halaman 29,30
Kunci Jawaban Lakukan Bersama IPAS Kelas 5 SD Halaman 29,30 — Halo kawan ahliartikel, salam sehat dan sukses selalu. Bagi sobat kelas 5 yang sedang mencari Kunci Jawaban IPAS kelas 5 Kurikulum Merdeka Bab 1- Melihat karena Cahaya, Mendengar karena Bunyi, Topik D: Mendengar Karena Bunyi.
Kali
ini kita akan mengulas tentang “Lakukan Bersama” yang terdapat pada buku
siswa kelas 5 SD. Dengan adanya pembahasan berikut ini, diharapkan bisa membantu
sobat semuanya dengan materi yang telah diajarkan di sekolah.
Diharapkan
sobat semuanya mengerjakan soalnya terlebih dahulu sebelum melihat pembahasan
yang terdapat dibawah ini, baik dikerjakan secara mandiri maupun dikerjakan
secara berkelompok.
Jika
sobar semuanya mengalami atau menemukan kesulitan dalam mengerjakan soalnya,
jawaban dibawah ini bisa dijadikan referensi untuk membandingkan dengan jawaban
yang telah sbat kerjakan sebelumnya.
Selain
ini kami juga menyediakan pembahasannya supaya sobat semuanya lebih paham lagi lagi
dengan materi yang telah di ajarkan oleh bapak ibu guru.
Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 29,30
Lakukan Bersama
Mengetahui
Cara Telinga Bekerja
Setiap
bunyi pasti memiliki karakter atau sifat yang berbeda. Antarsenar gitar saja
bisa menghasilkan bunyi yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut ditentukan dari
tinggi rendah serta keras atau pelannya bunyi. Bagaimana maksudnya? Yuk, kita
coba lakukan percobaan berikut untuk mengamatinya secara langsung!
Alat
dan bahan:
1.
toples, cangkir, atau gelas 1 buah;
2.
balon 1 buah;
3.
gunting;
4.
karet gelang;
5.
garam ½ sendok teh
Langkah
percobaan:
1.
Gunting leher balon, simpan bagian perutnya.
2.
Bungkus mulut toples/cangkir/gelas dengan bagian perut balon.Jika ada, gunakan
pewarna makanan yang berbeda untuk setiap botol. Fungsinya agar kalian bisa
melihat perbedaan botol dengan lebih jelas.
3.
Bungkus dengan kencang sampai permukaan balon terlihat tegang.
4.
Eratkan dengan karet gelang di sekeliling mulut toples/cangkir/gelas. Minta
bantuan guru jika kalian merasa kesulitan. Perhatian: Balon yang sangat
kencang, rentan untuk robek. Sebaiknya, kalian tidak terlalu sering memegangnya.
Jika robek, ulangi kembali dari tahap pertama.
5.
Taburkan garam di atas balon.
6.
Cobalah bersuara sampai garam di atas balon terlihat bergerak. Jika belum,
keraskan suara dan lakukan bersamaan dengan teman kelompok kalian.
7.
Jangan lupa beri kesempatan teman kelompok kalian untuk mengamatinya juga.
8.
Setelah semua mencoba, lakukan diskusi bersama teman kalian.
a.
Apa yang teramati pada garam di atas balon saat kalian bersuara?
Jawaban
Pada
garam di atas balon saat kalian bersuara, kemungkinan akan teramati gerakan
atau getaran garam. Garam dapat bergerak atau bergetar secara halus.
b.
Menurut kalian apa yang membuat garam bergerak?
Jawaban
Gerakan
atau getaran garam disebabkan oleh gelombang suara yang dihasilkan ketika
kalian bersuara. Suara adalah bentuk gelombang yang merambat melalui udara atau
medium lainnya. Ketika suara terbentuk, gelombang suara akan menyebabkan
getaran pada balon, yang selanjutnya akan menggerakkan garam di atasnya.
c.
Jika balon robek, apakah garam masih bisa bergerak?
Jawaban
Jika
balon robek, garam mungkin tidak akan lagi bergerak karena balon tidak lagi
memiliki kekencangan atau tegangan untuk merambatkan getaran suara.
9.
Tuliskan hasil diskusi kalian pada buku tugas
Penutup
Demikinalah ulasan tentang Kunci Jawaban Lakukan Bersama IPAS Kelas 5 SD Halaman 29,30 dan juga pembahasannya. Sekali lagi,
jawaban diatas digunakan sebagai pembanding. Selalu belajar untuk dapat lebih
memahami lagi dengan materi yang telah diajarkan. Semoga bermanfaat.
Tambahan :
1. Kunci jawaban diatas
hanya untuk membandingkan dengan jawaban yang telah kalian kerjakan sebelumnya.
2. Sobat semuanya dapat mencari jawaban yang lebih
baik lagi dan lebih meyakinkan.
3. Kunci Jawaban di atas
tidak menjamin kebenarannya.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Lakukan Bersama IPAS Kelas 5 SD Halaman 29,30"