Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Lakukan Bersama IPAS Kelas 5 SD Halaman 29,30

Kunci Jawaban Lakukan Bersama IPAS Kelas 5 SD Halaman 29,30Halo kawan ahliartikel, salam sehat dan sukses selalu. Bagi sobat kelas 5 yang sedang mencari Kunci Jawaban IPAS kelas 5 Kurikulum Merdeka Bab 1- Melihat karena Cahaya, Mendengar karena Bunyi, Topik D: Mendengar Karena Bunyi.

Kali ini kita akan mengulas tentang “Lakukan Bersama” yang terdapat pada buku siswa kelas 5 SD. Dengan adanya pembahasan berikut ini, diharapkan bisa membantu sobat semuanya dengan materi yang telah diajarkan di sekolah.

Diharapkan sobat semuanya mengerjakan soalnya terlebih dahulu sebelum melihat pembahasan yang terdapat dibawah ini, baik dikerjakan secara mandiri maupun dikerjakan secara berkelompok.

Jika sobar semuanya mengalami atau menemukan kesulitan dalam mengerjakan soalnya, jawaban dibawah ini bisa dijadikan referensi untuk membandingkan dengan jawaban yang telah sbat kerjakan sebelumnya.

Selain ini kami juga menyediakan pembahasannya supaya sobat semuanya lebih paham lagi lagi dengan materi yang telah di ajarkan oleh bapak ibu guru.

Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 29,30

Lakukan Bersama

Mengetahui Cara Telinga Bekerja

Setiap bunyi pasti memiliki karakter atau sifat yang berbeda. Antarsenar gitar saja bisa menghasilkan bunyi yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut ditentukan dari tinggi rendah serta keras atau pelannya bunyi. Bagaimana maksudnya? Yuk, kita coba lakukan percobaan berikut untuk mengamatinya secara langsung!

Alat dan bahan:

1. toples, cangkir, atau gelas 1 buah;
2. balon 1 buah;
3. gunting;
4. karet gelang;
5. garam ½ sendok teh

Langkah percobaan:

1. Gunting leher balon, simpan bagian perutnya.

2. Bungkus mulut toples/cangkir/gelas dengan bagian perut balon.Jika ada, gunakan pewarna makanan yang berbeda untuk setiap botol. Fungsinya agar kalian bisa melihat perbedaan botol dengan lebih jelas.

3. Bungkus dengan kencang sampai permukaan balon terlihat tegang.

4. Eratkan dengan karet gelang di sekeliling mulut toples/cangkir/gelas. Minta bantuan guru jika kalian merasa kesulitan. Perhatian: Balon yang sangat kencang, rentan untuk robek. Sebaiknya, kalian tidak terlalu sering memegangnya. Jika robek, ulangi kembali dari tahap pertama.

5. Taburkan garam di atas balon.

6. Cobalah bersuara sampai garam di atas balon terlihat bergerak. Jika belum, keraskan suara dan lakukan bersamaan dengan teman kelompok kalian.

7. Jangan lupa beri kesempatan teman kelompok kalian untuk mengamatinya juga.

8. Setelah semua mencoba, lakukan diskusi bersama teman kalian.

a. Apa yang teramati pada garam di atas balon saat kalian bersuara?

Jawaban

Pada garam di atas balon saat kalian bersuara, kemungkinan akan teramati gerakan atau getaran garam. Garam dapat bergerak atau bergetar secara halus.

b. Menurut kalian apa yang membuat garam bergerak?

Jawaban

Gerakan atau getaran garam disebabkan oleh gelombang suara yang dihasilkan ketika kalian bersuara. Suara adalah bentuk gelombang yang merambat melalui udara atau medium lainnya. Ketika suara terbentuk, gelombang suara akan menyebabkan getaran pada balon, yang selanjutnya akan menggerakkan garam di atasnya.

c. Jika balon robek, apakah garam masih bisa bergerak?

Jawaban

Jika balon robek, garam mungkin tidak akan lagi bergerak karena balon tidak lagi memiliki kekencangan atau tegangan untuk merambatkan getaran suara.

9. Tuliskan hasil diskusi kalian pada buku tugas

Penutup

Demikinalah ulasan tentang Kunci Jawaban Lakukan Bersama IPAS Kelas 5 SD Halaman 29,30 dan juga pembahasannya. Sekali lagi, jawaban diatas digunakan sebagai pembanding. Selalu belajar untuk dapat lebih memahami lagi dengan materi yang telah diajarkan. Semoga bermanfaat.

Tambahan :

1. Kunci jawaban diatas hanya untuk membandingkan dengan jawaban yang telah kalian kerjakan sebelumnya.
2. Sobat semuanya dapat mencari jawaban yang lebih baik lagi dan lebih meyakinkan.
3. Kunci Jawaban di atas tidak menjamin kebenarannya.

Baca Juga : 

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Lakukan Bersama IPAS Kelas 5 SD Halaman 29,30"